JSDI Aceh Jaya Latih Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Calang Dalam Pengelolaan Website

                                        

Aceh Jaya - SMK Negeri 1 Calang bekerjasama dengan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) Aceh Jaya mengadakan pelatihan pengelolaan website sekolah bagi pengurus OSIS dan Guru. kegiatan ini merupakan lanjutan dari kerjasama sebelumnya yaitu pembuatan website sekolah.

Pelatihan dilaksanakan dua hari yaitu rabu hingga kamis (09 s.d 10 Maret 2022) bertempat di laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Calang. Peserta terdiri dari 5 pengurus OSIS yang juga utusan masing-masing kompetensi keahlian dan beberapa guru yang nantinya akan menjadi pembimbing siswa sekaligus tim pengelola website SMK ini.


Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa dan guru untuk terbiasa menulis dan juga mengelola website sekolah, dimana nantinya semua informasi tentang SMK Negeri 1 Calang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja yang membutuhkan, baik dari informasi proses belajar mengajar, sarana prasarana, kegiatan sekolah, pengumuman maupun prestasi siswa.  Selama pelatihan peserta disuguhkan materi mulai dari cara masuk dan memposting sebuah tulisan di website, menjadi admin sampai trik menulis dengan mudah dan menghindari plagiasi.

Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat dan Du/Di Wardatina S.Pd ketika dikonfirmasi setelah mengikuti kegiatan tersebut berharap nantinya siswa mampu proaktif dan bekerja sama membangun website sekolah bersama-sama sehingga SMK Negeri 1 Calang dikenal oleh masayarakat luas. Dan juga menjadikan blog ini sebagai ajang bagi siswa-siswi kami dalam mengembangkan bakat menulisnya.
 
Kepala SMK Negeri 1 Calang, Muhammad Yani S.Pd, sangat mendukung kegiatan dilakukan. beliau menyempatkan diri berkunjung dan ikut serta beberapa saat disela-sela kegiatannya. beliau mengucapkan terimakasih kepada ketua JSDI Aceh jaya yang telah mau melatih siswa dan guru SMK Negeri 1 calang.
"Kita akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun SMK ini, seperti hari ini kita berkolaborasi dengan JSDI  Aceh Jaya untuk membangun Website Sekolah dan melatih siswa serta guru untuk mampu mengelola website yang sudah ada, sehingga kegiatan sekolah, karya siswa, prestasi dan informasi lainnya terkait SMK ini bisa kita sampaikan ke masyarakat melaui website." ujarnya.
  

Pelatihan yang dipandu langsung oleh ketua JSDI Aceh Jaya, Ernal Nofiandri, beliau berharap kegiatan ini bisa membuat siswa dan guru akrab dengan teknologi dan literasi digital. ini sejalan dengan tujuan JSDI bahwa membantu sekolah dalam penguasaan teknologi dan literasi Digital. "setelah ini kita berharap siswa dan guru mandiri dalam pengelolaan website sekolahnya, bisa memuat berita kegiatan sekolah dan tulisan karya sendiri dan teman lainnya".

Lulu Zakiyah siswi kelas XII DPIB sangat antusias dengan diadakan pelatihan ini.
"Saya sangat senang diadakan pelatihan ini. dengan adanya pelatihan ini kami para siswa dan siswi bisa melatih bakat menulis kami dan juga kami bisa mempromosikan sekolah kami. karena selama ini sudah banyak prestasi kakak-kakak dan abang-abang kami yang tidak terekspos. sehingga orang tidak tau apa keunggulan sekolah kami". dan kami juga berharap kepada teman-teman kami siswa SMK Negeri 1 Calang bisa mengirimkan tulisannya ke tim redaksi untuk kita publish ke website sekolah kita ini. (KD)






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama