14 Siswa SMK Negeri 1 Calang Mengikuti Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu bagi Pemilih Pemula

        

Calang-Sosialisasi penyelenggaraan pemilu bagi pemula adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa, terutama bagi siswa SMK Negeri 1 Calang, banyak materi yang dipaparkan oleh nara sumber  mengenai pemilu bagi pemilih pemula agar para pemilih pemula lebih selektif dalam memilih calon pemimpin pada masa pemilu serentak pada tahun 2024 nanti. 


Aureal Kaysya mazaya salah satu siswi kelas XII Tata Busana  SMK Negeri 1  Calang yang bertanya dalam diskusi tersebut, menanyakan kepada nara sumber mengenai pembahasan tersebut. yaitu  "bagaimana jika seorang pemimpin yang telah terpilih sebagai pemimpin dan melanggar visi dan misi yang telah dibuat? dan nara sumber menyampaikan jawaban jika seseorang yang melanggar visi dan misi yang telah dibuat maka akan diberikan teguran dan dilaporkan kepada pihak pengawas pemilu. 


Salah satu  kegiatan yang diselenggarakan oleh KESBANGPOL Aceh Jaya  pada hari Rabu, 09 maret 2022 Di Aula Dinas Kesehatan Aceh Jaya ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu tunggu oleh para pelajar di Aceh Jaya terutama bagi calon calon pemilih pemula. Siswa SMK Negeri 1 Calang sangat antusias dan senang dalam acara tersebut karena bisa mendalami mengenai pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.


Dalam pemaparan materi tersebut Nara sumber mengajak pemilih pemula untuk tidak terkecoh dengan politik uang atau money politik, dan siswa harus faham betul apa yang dikatakan dengan budaya politik dan pesta demokrasi. Adapun budaya politik yang disampaikan oleh nara sumber ada tiga macam budaya politik yaitu:
1.  budaya politik parokial yaitu masyarakat yang sangat apatis terhadap politik dan tidak peduli sama         sekali
2. budaya politik kaula yaitu masyarakat sudah ulai peduli sedikit tetapi masih tidak mau ikut serta            dalam pemilihan
3. budaya politi partisipan yaitu budaya politik yang sudah aktif, artinya masyarakat sudah sangat              antusias dalam ajang pesta demokrasi, baik sudah mencalonkan diri, memilih, dan mengajak orang        lain untuk ikut memilih dalam pemilu. 
 
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama