Nutrisi Pagi bersama Selasa Membaca (SACA) SMK Negeri 1 Calang



Pagi ini terasa lebih indah dan segar dengan asupan nutrisi baru dari buku yang berjudul "Jika tidak Malu, Berbuatlah Semaumu!" Karya Azizah Hefni.




Bersama siswa kami duduk menyelami bacaan masing-masing, sesuai selera dan hati..☺️, entah kenapa di program SACA pertama yang saya ikuti ini, pilihan jatuh pada 'Buku Malu', mungkin karena diri ini 'malu-maluin'..😁🤣
Tapi yang pasti pilihan ini karena antisipasi berbuat semau saya, dan malu jika sebagai guru tidak mampu menuntun dan membimbing siswa serta melaksanakan profesi ini sesuai tupoksinya..
Bicara tentang malu ini adalah kontrol diri yang paling kuat. Orang yang memiliki rasa malu tidak akan membiarkan dirinya terjerumus ke jurang kemungkaran dan kemaksiatan.
Malu juga merupakan pondasi terkuat dari iman dan sangat erat kaitannya. Jika kita masih menyimpan setitik iman dan malu, tentu kita tidak berani merenggut hak orang lain, hak siswa dalam pendidikannya, hak rekan sejawat, berkata bahkan berbuat nista.
Namun, jika kita sudah membuang jauh-jauh rasa malu ini dari diri kita, silahkan berbuat apa saja. Tapi ingat, apa yang kita tanam, maka itulah yang akan kita tuai..
Semoga kita selalu dalam lindunganNya.
Wallahu A'lam Bishawab..
*Malu dalam arti berbuat negatif..

Penulis : Ernal Nofiandri (Guru Produktif Otomotif)



7 Komentar

  1. Salam literasi.. Semangat dalam membaca semoga saca SMK negeri 1 calang makin sukses..

    BalasHapus
  2. luar biasa,,semakin inovatif program selasa membaca , partipasi warga sekolah semakin meningkat,,sukses terus perpustakaan SMK N 1 Calang

    BalasHapus
  3. Program literasi ini sangat bagus dan menginsirasi

    BalasHapus
  4. Assalammualaikum
    Sebagai siswa membaca buku sangatlah penting dan memberikan cakrawala baru dan membuka jendela Dunia

    BalasHapus
  5. Mantap, program SACA ini, sangat menginspirasi

    BalasHapus
  6. Salam literasi
    Smoga semakin membuka cakrawala berfikir

    BalasHapus
  7. Gerakan Literasi selasa di SMKN.1 calang sangat bermanfaat dapat menambah wawasan bagi setiap guru dan siswa siswi smk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama