SMK Negeri 1 Calang Sebagai Tuan Rumah Hardikda ke – 64 Aceh Jaya

Peringatan Hari Pendidikan Daerah (hardikda) ke – 64, Rabu, 06 September 2023 bertempat di SMK Negeri 1 Calang.

Peringatan Hardikda ke – 64 kali ini Pemerintah Aceh Jaya memilih SMK Negeri 1 Calang sebagai tuan rumah penyelenggara. Hal ini tentu disambut baik oleh warga SMKN 1 calang dengan suka cita. Persiapan demi persiapan terus dilakukan sehingga upacara berlangsung dengan khidmat.

Pada upacara tersebut bapak Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si bertindak sebagai inspektur upacara. Beliau menyampaikan amanat dari PJ. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, yang mengajak seluruh jajaran masyarakat Aceh untuk menjadikan Hari Pendidikan Daerah sebagai momentum untuk bergerak maju dan terus memperbaiki diri secara menyeluruh ke arah yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pendidikan Daerah Aceh ke 64 tahun 2023, yaitu “Bergerak Maju untuk Pendidikan Aceh yang Lebih Baik”.


Foto bersama bapak PJ Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si dan  istri, ibu Zuraidiati dengan dewan guru SMK Negeri 1 Calang


 “Sebagai salah satu program prioritas pembangunan daerah, berbagai kegiatan prioritas berkaitan dengan pendidikan telah kita rancang, seperti penguatan pendidikan vokasi di berbagai bidang, penyediaan sara dan prasarana pendidikan yang memadai, penyediaan beasiswa, upaya pemerataan guru di seluruh daerah, serta peningkatan mutu/kompetensi guru dan siswa serta beberapa kegiatan prioritas lainnya,” ujar Nurdin.

Pj. Bupati juga membacakan amanat yang mengapresiasi seluruh insan pendidikan Aceh atas sumbangsihnya dalam memajukan pendidikan Daerah Aceh.

Penetapan Hari Pendidikan Daerah (HARDIKDA) provinsi Aceh berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Istimewa Aceh No.90/1960 tanggal 5 Oktober 1960. Tanggal 2 September dipilih karena bertepatan dengan tanggal diresmikannya Kota Pelajar Mahasiswa (kopelma) Darussalam oleh Presiden RI Ir. Soekarno pada tahun 1959. Kompleks kopelma ini terdiri dari tiga cikal bakal perguruan tinggi di Aceh, yaitu Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, dan Dayah Manyang Tgk. Chik Pante Kulu.

Dewan guru SMK Negeri 1 Calang bersama dengan ibu Pengawas Pembina SMK, Kacabdin Aceh Jaya, dan Ka TU Cabdin Aceh Jaya

Upacara kali ini juga turut dihadiri oleh Sekteraris daerah Aceh Jaya, Bunda Paud Aceh Jaya, Ketua MPD Aceh Jaya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Kacabdin Aceh Jaya,  Asisten Setdakab, Tenaga pendidik, perwakilan pelajar seluruh Aceh Jaya, dan unsur terkait lainnya.

Sehubungan dengan upacara Hardikda kali ini, Kepala SMK Negeri 1 Calang, Muhammad Yani, S.Pd, selaku tuan rumah penyelenggara memberikan tanggapan dan ucapan terima kasih karena sudah diberi kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggara upacara Hardikda Aceh Jaya ke 64 ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan tersebut, dan sangat bermanfaat bagi sekolah, terutama bagi SMK Negeri 1 Calang, dan sekolah-sekolah lainnya di kabupaten Aceh Jaya. Dimana berkat kerja sama dari semua pihak terkait pelaksanaan tersebut berjalan dengan tertib, lancar, dan sukses. Selain pelaksanaan upacara, juga ada agenda gelar produk dari SMK-SMK se Aceh Jaya,” ujar pak Yani.

Beliau juga menyampaikan SMK Negeri 1 Calang siap jika kembali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan-kegiatan serupa lainnya.

Bertepatan dengan pelaksaan Hardikda ke – 64 ini, SMK Negeri 1 Calang menyambut baik kegiatan dari Dinas Pendidikan Aceh yaitu “Gerakan menanam 1 juta pohon”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 02 September 2023, dimana siswa/siswi bersama dengan guru menanam pohon di pekarangan sekolah dan lingkungan Dayah Asy-syafi’iyah Tsani, yang berada di depan sekolah.

        Siswa/siswi sedang menanam pohon rambutan di pekarangan sekolah.

Adapun jenis pohon yang ditanam bervariasi, dimulai dari pohon berbuah, seperti mangga, rambutan, jambu, durian, lengkeng, dan pohon kelapa. Dan juga tanaman untuk sayur, seperti belimbing sayur, sereh, kangkung, dan lain sebagainya.

Siswa/siswi dan guru sedang menanam pohon di pekarangan sekolah.

Semoga dengan kegiatan “gerakan menanam 1 juta pohon” ini bisa meningkatkan kesadaran siswa/siswi dan kita semua dalam menjaga kelestarian bumi dan memanfaatkan pekarangan sekolah dan tempat tinggal kita sebagai sarana ketahanan pangan. 

Penulis : Nazariah, S.Pd dan Jumaida
Viewer : Muhammad Yani, S.Pd

2 Komentar

  1. Alhamdulillah,, berkah kerja sama tim hebat SMK N 1 Calang dan semua pihak kegiatan berjalan sukses dan lancar,, luar biasa

    BalasHapus
  2. Assalammualaikum
    Alhamdulillah
    Dengan bekerjasama tim hebat SMK negeri 1 CALANG kegiatan berjalan dengan sukses dan hikmat Alhamdulillah

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama