Study Tour, SMK Negeri 1 Calang Serbu Kompi Senapan E dalam Pembentukan Karakter Siswa

 


Sebanyak 60 siswa SMK Negeri 1 Calang mengikuti Study Tour Pembentukan Karakter siswa dan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di Kompi Senapan E Yonif 116/GS Lhok Bot Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya.

Kegiatan yang diikuti oleh sebagian Siswa kelas 10, 11 dan 12 jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan serta Agribisnis Perikanan ini berlangsung pada Sabtu pagi hingga siang (5/2/2022). Sementara untuk siswi jurusan Tata Busana tetap melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar lebih disiplin, cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan serta terhindar dari bahaya narkoba dan kenakalan remaja. Dalam pelaksanaannya siswa dibekali materi Pengenalan Satuan dan Alutsista TNI, Wawasan Kebangsaan, Semangat Cinta Tanah Air, Bahaya Narkoba, dan Pembinaan Karakter.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Sukardi SPd ketika dikonfirmasi usai mengikuti acara kegiatan berharap pelatihan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan pembentukan karakter siswa agar lebih disiplin dan cinta tanah air.

“Siswa lebih disiplin, berkarakter dan cinta tanah air serta tanggap terhadap lingkungan sosial yang memiliki jiwa bertanggung jawab” harapnya.

Sementara kepala sekolah SMK Negeri 1 Calang Muhammad Yani SPd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Komandan Kompi Senapan E beserta jajarannya, yang telah bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Calang, dan kegiatan ini sangat banyak manfaatnya bagi siswa terutama dalam membina karakter, ideologi dan wawasan kebangsaan.

“Alhamdulillah, kami dari SMK Negeri 1 Calang mengucapkan terima kasih banyak atas kerjasama ini dan sangat banyak manfaatnya bagi siswa kami, terutama dalam membina karakter mereka, ideologi dan wawasan kebangsaan, mudah-mudahan kerjasama ini bisa berlanjut dan kami patut berbangga, mudah-mudahan karakter, sikap anak-anak kita bisa berubah ke arah yang lebih baik“. Ucapnya

“Tujuannya adalah bagaimana menyelamatkan generasi muda kita agar cinta kepada NKRI dan mempunyai cita-cita yang tinggi untuk melindungi dan menjadi kebanggaan bagi Nusa dan bangsa yang kita cintai ini” tambah Muhammad Yani yang baru dilantik menjadi kepala SMK Negeri 1 Calang (7/1/2022) oleh Sekda Aceh.

Komandan Kompi Senapan E Yonif 116/GS Setia Bakti Kapten Inf. Yayan Mulyana menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah mempercayakan kompi Senapan E untuk bisa membentuk ataupun merencanakan supaya generasi muda bisa terdidik dari segi mental, disiplin dan karakter yang baik.

“Dengan pelaksanaan kegiatan ini, saya sebagai komandan Kompi Senapan E diberikan kepercayaan dalam hal kegiatan yang sangat bagus ini, di mana dari pihak sekolah mempercayakan kami untuk bisa membentuk ataupun merencanakan supaya generasi muda bisa terdidik dari segi mental, disiplin dan karakter yang baik, untuk itu kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan ini”.

Kapten Inf. Yayan Mulyana juga berharap agar kerjasama ini terus berlanjut karena ini suatu pekerjaan yang mulia, dan semuanya sedang berjuang, bagaimana agar generasi muda ke depan semakin maju dan semakin sukses serta terhindar dari narkoba yang rawan di kalangan pelajar, ini semua demi NKRI.

Rapi Andi siswa kelas 12 Teknik Sepeda Motor sangat terkesan dengan kegiatan ini

“Saya selaku siswa SMK Negeri 1 Calang berterima kasih kepada pihak sekolah dan juga pihak TNI Kompi Senapan E yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini saya termotivasi untuk terus disiplin dan menjadi generasi penerus bangsa yang kita cintai ini”.

Sumber: https://acehbrilian.com/study-tour-smk-negeri-1-calang-serbu-kompi-senapan-e-dalam-pembentukan-karakter-siswa/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama